I PENDAHULUAN
Pasific Place merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di kota Jakarta, khususnya di daerah Sudirman. Pasific Place berada di Sudirman Central Business District, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Indonesia. Bagian-bagian yang terdapat di Pasific Place diantaranya, mal Pacific Place bertingkat enam, pusat perkantoran One Pacific Place, dan tiga menara hotel The Ritz-Carlton. Pacific Place yang dibangun pada tahun 2005. Pasific Place dibuka untuk umum pada bulan november 2007.
Gambar Gedung Pasific
Place
Selain sebagai pusat
perbelanjaan dan mal, yang membedakan Pasific Place dengan mal yang lainnya
adalah adanya pusat kebudayaan yang mempelajari atau memahami budaya dari
negara Amerika. Tempat tersebut dikenal dengan nama Atamerica atau juga lazim ditulis @america yang terletak di lantai 3 mal
Pasific Place.
Gambar Ruangan @america
@america merupakan pusat
kebudayaan dari negara Amerika yang menjadi penghubung antara berbagai komunitas yang ada di Indonesia
dengan Amerika. @america sering menjadi tuan rumah dalam berbagai acara bertema pendidikan, pengembangan komunitas,
hiburan dan pengetahuan umum. Kegiatan-kegiatan
tersebut diantaranya, workshop pengembangan diri, diskusi film dan musik,
klinik foto dan berbagai acara sosial lainnya. Dalam menunjang
kegiatan-kegiatan tersebut, @america menghadirkan pembicara antara lain praktisi, pelajar, selebritis serta tokoh
komunitas.
II PEMBAHASAN
1. Sejarah Berdirinya @america
@america
resmi didirikan pada Desember 2010 dengan tujuan mengenalkan Amerika Serikat
melalui diskusi, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran. Pusat
kebudayaan ini adalah yang pertama kali di dunia yang dibangun dengan teknologi
canggih dan modern seperti
monitor layar sentuh dan komputer tablet. Pengunjung
bisa mengakses informasi melalui layar sentuh berukuran lebar, penggunaan ipad
dan jaringan wifi secara cuma-cuma, panggung pertunjukan dengan layar
presentasi, layar live tweeting, dan
mesin Google Earth ukuran
raksasa yang disebut Liquid Galaxy
yang memungkinkan pengunjung mengeksplorasi seisi bumi, antariksa, hingga
kedalaman laut. Dengan adanya teknilogi tersebut, pengunjung dapat
mempelajari kebudayaan Amerika dengan cara yang seru dan atraktif.
@america menawarkan kepada
pengunjung berbagai bantuan untuk memperkaya kunjungannya, mulai dari platform
multimedia hingga program tematik, serta para e-guide @america yang sarat
dengan pengetahuan, termasuk di dalamnya Information Desk dan sebuah Membership
Counter. Selain itu, dengan serangkaian media yang interaktif, @america
memungkinkan pengunjung untuk mempelajari tentang Amerika Serikat secara
mendalam.
2. Tujuan Didirikannya @america
Tujuan didirikannya @america ialah memperkenalkan dan memberikan informasi tentang kebudayaan amerika serikat serta perkembangan teknologi dari negara tersebut. Selain itu @amerika juga memberikan kesempatan bagi pengunjungnya untuk dapat menikmati dan mencoba beberapa teknologi yang dibuat oleh negara amerika, sehingga pengunjung dapat merasakan bagaimana teknologi tersebut dioperasikan.
3. Peran @america Untuk Masyarakat
Peranan
@america untuk masyarakat atau pengunjung yaitu sebagai pengetahuan. Dengan
adanya tempat tersebut masyarakat atau pengunjung dapat mengetahui ragam
kebudayaan yang terdapat di Amerika yang tentu saja berbeda dengan kebudayaan
di indonesia. Selain itu, pengunjung ataupun masyarakat dapat mengetahui kemajuan teknologi dari
negara Amerika Serikat. Peranan @america juga dapat memberikan motivasi
terhadap pengunjung agar dapat melestarikan budaya negara sendiri dan mampu
berkontribusi dalam pengembangan teknologi di Indonesia.
4. Pengalaman Pribadi Berada di @America
Ruangan
@america memiliki penjagaan yang ketat. Sebelum memasuki ruangan tersebut,
terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan guna mencegah hal-hal yang tidak
diinginkan seperti adanya benda tajam yang dibawa pengunjung. Pengunjung dan tas yang dibawa harus
melewati mesin detektor, serta tas yang dibawa harus disimpan dalam loker yang
sudah disediakan.
Saat
berada di dalam @america, terdapat pemandu yang akan memandu pengunjung untuk
melihat, mencoba, dan menjelaskan apa saja yang terdapat di ruangan tersebut.
Pengunjung dapat menikmati fasilitas wifi yang ada di dalam @america maupun
permainan xbox di tempat tersebut. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat dinikmati
pengunjung secara gratis. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba fasilitas
google earth yang terdapat di @america. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas
tersebut dengan hanya menekan layar table-screen yang memuat isi peta dunia,
memilih negara tujuan yang akan dicari dan memilih tempat yang dituju dengan
cara menggerakan joystick (tuas) pada alat tersebut. @america juga memiliki
panggung layar presentasi. Pengunjung dapat menyaksikan film-film yang sedang
tayang atau diputar di tempat tersebut. Pengunjung yang menikmati fasilitas
panggung layar presentasi secara gratis pula dan juga diberikan makanan ringan
secara cuma-cuma.
5. Kontribusi untuk Gunadarma
Setelah melakukan kunjungan ke @america dan mendapatkan informasi
serta ilmu tentang kebudayaan dan teknologi di Amerika, saya merasa ingin berkontribusi
dengan Gunadarma guna memajukan dan
meningkatkan prestasi. Dengan melakukan dan mendukung setiap program dan peraturan
yang telah dibuat oleh Gunadarma,
serta dengan menjaga fasilitas, sarana dan prasarana yang telah diberikan oleh Gunadarma, saya yakin dapat
memajukan Gunadarma
lebih baik lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Gambar saat berada di @america (Google Earth)
Gambar saat berada di @america
Gambar saat berada di @america
Tidak ada komentar:
Posting Komentar